Pengobatan dan Pencegahan

Secara Medis

Untuk kanker yang telah menyebar, hanya radioterapi dan/atau kemoterapi yang bisa dilakukan. Selain itu, terapi biologis juga tersedia sebagai alternatif dari kemoterapi. Terapi biologis bertujuan untuk mengendalikan dan menekan perkembangan kanker.

lung2

  • Operasi Pengangkatan Kanker Paru-paru, operasi dilakukan untuk mengangkat kanker paru-paru serta sebagian jaringan sehat disekitarnya. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi jika ada sel kanker yang sudah menyebar.

Wedge resection adalah prosedur operasi yang mengangkat sebagian kecil jaringan paru-paru karena tumor yang ada berukuran kecil atau jika kinerja paru-paru penderita telah menurun karena operasi lobektomi yang telah dijalani sebelumnya.

Lobektomi adalah proses pengangkatan seluruh bagian lobus dalam satu paru-paru. Lobus adalah bagian dari paru-paru yang memiliki batas jelas. Paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri dari dua lobus. Dalam prosedur lobektomi, seluruh lobus dari paru-paru yang terserang kanker akan diangkat. Paru-paru masih bisa berfungsi dengan sisa lobus yang ada.

Pneumonektomi adalah prosedur operasi pengangkatan satu sisi paru-paru secara keseluruhan. Pelaksanaan prosedur ini hanya jika terpaksa, misalnya karena sel-sel kanker berada di tengah satu sisi paru-paru atau sudah menyebar ke seluruh bagian paru-paru tersebut.

Penderita tetap akan bisa bernapas setelah operasi-operasi di atas. Jika sebagian dari paru-paru diangkat, sisa jaringan yang masih ada akan mengembang setelah beberapa lama. Ini akan membuat bernapas menjadi makin mudah. Butuh beberapa minggu untuk pulih sepenuhnya dari operasi paru-paru. Sama halnya dengan operasi-operasi lain, operasi pengangkatan paru-paru juga mungkin berujung kepada komplikasi. Contoh komplikasi operasi paru-paru antara lain peradangan pada paru-paru, pendarahan, dan penggumpalan darah.

  • Radioterapi, menggunakan energi radiasi untuk membunuh sel kanker. Terutama pada kondisi pascaoperasi, prosedur ini juga bisa digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa. Jika operasi sudah tidak mungkin, radioterapi dilakukan untuk meredakan gejala atau rasa sakit dan memperlambat tingkat penyebaran kanker. Kemungkinan efek samping yang bisa terjadi akibat radioterapi, diantaranya batuk hingga mengeluarkan dahak bercampur darah, sakit pada bagian dada, kesulitan dalam menelan, kulit memerah dan terasa perih, sering merasa kelelahan.
  • Kemoterapi, pengobatan kemoterapi dilakukan secara berkala dalam waktu beberapa minggu atau bulan dengan diselingi istirahat untuk memulihkan diri. Prosedur penanganan memakai obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker, memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, serta menghambat penyebarannya. Kemoterapi juga kadang diberikan sebelum operasi dengan tujuan untuk membuat kanker menyusut dan menjadi lebih mudah untuk diangkat. Selain itu, kemoterapi juga bisa dilakukan pascaoperasiuntuk membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa. Fungsi lain dari kemoterapi adalah untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi gejala kanker. Efek samping yang akan muncul akibat kemoterapi antara lain kelelahan fisik, mual, muntah, kerontokan rambut, serta munculnya tukak pada perut. Kemoterapi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rentan untuk terkena infeksi.
  • Terapi biologis, langkah pengobatan ini merupakan alternatif dari kemoterapi. Terapi ini menggunakan obat-obatan seperti erlotinib dan gefitinib yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Terapi ini biasa direkomendasikan bagi mereka yang mengidap kanker paru-paru non-sel kecil yang telah menyebar sehingga sulit untuk diobati dengan radioterapi atau operasi.

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dicegah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Jangan merokok dan hindari menjadi perokok pasif. Cara utama untuk mencegah kanker paru-paru adalah dengan tidak merokok. Hindari juga menjadi perokok pasif jika lingkungan Anda dipenuhi dengan perokok aktif. Terutama bagi para perokok aktif, berhentilah merokok sekarang juga. Meski sudah bertahun-tahun merokok, langkah ini tetap akan bermanfaat dan bisa mengurangi risiko terserang kanker paru-paru.
  • Pilihan menu makanan yang sehat. Biasakanlah untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi akan kandungan serat. Buah dan sayuran sebaiknya menjadi menu utama sehari-hari. Hindari mengonsumsi terlalu banyak vitamin dalam bentuk pil atau tablet karena obat-obatan semacam itu bisa memiliki efek samping.
  • Berolahraga secara teratur. Usahakan untuk melakukan olahraga secara teratur. Bagi yang jarang sekali berolahraga, mulailah rutinitas ini secara bertahap. Bagi orang dewasa dianjurkan berolahraga setidaknya selama 2-3 jam dalam satu minggu.
  • Mempersiapkan diri dalam perlindungan kesehatan. Dengan mengikuti perlindungan kesehatan melalui asuransi, kita dapat lebih terjaga dan keluarga anda sekalian dapat merasa lebih aman. Selengkapnya….

Secara Tradisional

Indonesia kaya akan beragam jenis herbal khas tropis yang terbukti secara empiris memiliki khasiat terbaik mengatasi kanker, termasuk kanker paru-paru. Tapi tentu saja sebaiknya Anda cukup selektif dalam memilih jenis herbal untuk pengobatan kanker paru-paru, karena posisi paru-paru yang demikian dekat dengan jantung sehingga kesalahan langkah dalam pengobatan bisa berakibat cukup fatal. Pastikan obat herbal tersebut relatif aman dan tetap netral sekalipun Anda padukan dengan pengobatan medis. Berikut ini adalah yang termasuk terekomendasi oleh para pakar kesehatan herbal.

  1. Sarang Semut

Jenis herbal ini salah satu yang paling banyak direkomendasikan sebagai obat kanker. Terkenal di seluruh kawasan Asia Tenggara dengan khasiatnya sebagai obat herbal untuk segala jenis kanker. Di Indonesia terdapat jenis sarang semut yang terbaik, yakni Myrmecodia pendans, yang berhabitat di pedalaman hutan Papua. Bentuk unik umbinya yang berongga dengan labirin di sisi dalam membuat tanaman ini kerap menjadi rumah semut. Keberadaan semut di dalam umbi ini membentuk perpaduan alami antara senyawa yang dilepas semut dengan senyawa alami dari tanaman sarang semut ini. Perpaduan ini dipercaya beberapa pakar sebagai penyebab sarang emut sangat berkhasiat.

sarang-semut-papua-3

Salah satu yang khas dari sarang semut adalah keberadaan flavonoid dalam jumlah dan formula paling terbanyak dari jenis herbal lain. Flavonoid dalam sarang semut memiliki khasiat lengkap sebagai:

  • Anti Karsinogen, kemampuan untuk menyingkirkan sebanyak mungkin oksidan dan toksin yang selama ini menyebabkan kondisi karsinogen atau menciptakan kondisi yang nyaman untuk pertumbuhan kanker dalam tubuh.
  • Anti Proliferasi, salah satu kemampuan sel kanker adalah melakukan proliferasi yakni pembelahan diri yang cepat sebelum sel lama rusak, dan kemampuan ini akan dihalangi oleh flavonoid.
  • Induksi Apoptosis, kemampuan untuk menyerang nuklean dari sel kanker, sehingga sel kanker mengalami pelemahan dan akhirnya cenderung mati lebih cepat atau bunuh diri.
  • Inhibis Angiogenesis, kemampuan untuk mencegah aliran suplai darah menuju sel kanker, dengan demikian sel kanker akan kekurangan asupan oksigen dan sari makanan, sampai akhirnya mengkerut dan kering.
  • Anti Resistensi, mereka yang menjalani terapi medis kanker akan diharuskan mengkonsumsi obat dalam jangka panjang, kadang kondisi ini menjadi bumerang dan menyebabkan pasien mengalami resistensi atau kekebalan terhadap obat bersangkutan. Di sini flavonoid memiliki kemampuan mencegah kondisi resistensi ini.

Senyawa-senyawa yang sampai saat ini telah teridentifikasi dalam sarang semut terbukti ampuh menjadikannya salah satu herbal anti kanker terbaik. Bahkan tanda-tanda kesembuhan sudah bisa dilihat dalam 1-3 bulan konsumsi secara rutin karena sarang semut memiliki kemampuan antioksidan dengan efektifitas 96%, memiliki kemampuan mencegah mutasi gen, menetralkan kembali kondisi-kondisi ketidakseimbangan dalam tubuh sehingga menurunkan kecenderungan terjadinya mutasi gen, juga mendorong tubuh memproduksi lebih banyak antigen.

  1. Noni Juice

Buah yang berasal dari daerah tropis ini di beberapa daerah dikenal dengan nama mengkudu atau pace. Sari buahnya atau juice dari buah noni ini merupakan salah satu herbal yang memang sudah demikian populer sebagai herbal untuk beragam jensi penyakit. Tak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga di seluruh kawasan pasifik.

Noni-Juice-Magical-Cure-for-Almost-All-Diseases1

Dalam buah noni terdapat kandungan flavonoid, yang meski tak selengkap formula dalam sarang semut, tetapi juga memiliki deretan khasiat yang hampir serupa. Dan disempurnakan oleh kandungan senyawa xeronine, sejenis protein khas yang berfungsi mengendalikan pertumbuhan dan regenerasi sel untuk tetap dalam mekanisme seharusnya. Buah noni juga dikenal karena khasiat trio senyawa scolopetin, terpenoid dan damnachantal. Ketiganya tak hanya bekerja sebagai antioksidan, tetapi juga baik untuk mengendalikan regenerasi dan pertumbuhan sel, mencegah mutasi gen dan mendorong tubuh membentuk senyawa anti kanker seperti nitrit oksida, interleukin dan interferon.

Beberapa kasus kanker paru-paru berawal dari infeksi atau setidaknya berawal dari kerusakan sel yang berat. Untuk jenis semacam ini terapi noni juiceakan efektif karena kemampuannya dalam meningkatkan kemampuan regenerasi sel yang efektif serta kemampuannya dalam meningkatkan daya lawan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri.

  1. Bawang Putih

Melihat dan memahami dengan baik semua gejala kanker yang ada akan menurunkan risiko Anda terkena penyakit kanker ini. Sebagai upaya pencegahan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengkonsumsi bawang putih sebagai obat kanker paru-paru sebanyak 2 kali dalam satu minggu.