Kanker Paru-Paru

Penyakit kanker paru-paru adalah penyebab kematian tertinggi di dunia dan yang paling sering terjadi pada tahun 2012. Di Indonesia, kanker paru-paru lebih banyak menyerang kaum pria. Berdasarkan data yang dikutip dari Globobcan atau International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012 lalu, kasus kanker paru-paru yang menimpa pria di Indonesia sebesar 25.322, sedangkan kasus kanker paru-paru yang menimpa wanita di Indonesia sebesar 9.374.

Paru-paru memiliki dua fungsi utama, yaitu menyebarkan oksigen ke dalam darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksida saat menghela napas. Kanker paru-paru kerap kali menjadi jenis kanker sekunder hasil dari metastasis kanker dari organ lain. Serangan metastasis kanker pada paru-paru bisa menjadi satu titik fatal dari stadium akhir yang kerap kali berujung kematian. Namun pada sisi lain kasus kanker paru-paru primer atau kanker paru-paru yang memang berasal dari pertumbuhan sel abnormal dalam paru-paru juga relatif tinggi.

kanker-paru-paru

Kanker paru-paru umunya mengacu pada kanker di bagian parenkim, yaitu tumor ganas dari sel epitel bronkus atau bronkiolus, yang merupakan 90-95% dari tumor ganas dari parenkim paru-paru.

Tipe dasar : Karsinoma sel kecil dan karsinoma non-sel kecil (80-85%). Karsinoma sel kecil adalah jenis kanker paru-paru dengan tingkat keganasan tertinggi. Sedangkan pembelahan sel kanker pada kersinoam non-sel kecil lebih lambat, sehingga penyabaran dan metastasisnya pun relatif lebih lambat. Program pengobatan untuk kedua jenis kanker paru-paru ini sangat berbeda.

Klasifikasi klinis : karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, karsinoma anaplastik (karsinoma sel besar), karsinoma sel alveolar.

Jenis Kanker Paru-Paru

  1. Kanker Paru-Paru Primer, khusus untuk jenis kanker primer, kanker paru-paru biasa terkelompok dalam dua kategori yakni:
  • Kanker paru-paru sel kecil (small-cell lung cancer/SCLC), jenis ini paling mendominasi dari semua diagnose kanker paru-paru. Dikatakan dalam (cancer.org), kanker ini diidap oleh 85 % pasien kanker paru-paru. Kanker ini akan tumbuh pada beberapa sel seperti sel squamous, sel adenoma, dan sel-sel besar lain dalam paru-paru. Sebagian besar kanker paru-paru sekunder juga muncul dalam bentuk
  • Kanker paru-paru non sel kecil (non-small-cell lung cancer/NSCLC), Kanker jenis ini tergolong jarang terjadi, presentasinya hanya sekitar 15 %. Karena sifat sel yang tergolong kecil dan terletak tersembunyi. Namun kebanyakan kasus kanker paru-paru jenis NSCLC ini sangat cepat berkembang dan menyebabkan kematian dengan lebih cepat pula.
  1. Kanker Paru-Paru Sekunder, ini adalah kanker yang terjadi karena sel kanker lain di dalam tubuh menyebar hingga ke organ paru-paru.

 

Sumber:
deherba,com/penyebab-gejala-dan-pengobatan-kanker-paru-paru
magwuzz,com/2015/01/tanda-dan-gejala-kanker-paru-paru
andasehat,com/gejala-penyebab-ciri-ciri-dan-obat-kanker-paru-paru
dedaunan,com/ketahui-dan-waspadai-ciri-ciri-kanker-paru-paru
sehatcenter,com/pentingnya-mengetahui-ciri-ciri-kanker-paru-paru-sejak-dini
alodokter,com/kanker-paru-paru