Ladies perlu tau nie,,, Bagaimana yaa mendeteksi kanker payudara sejak dini??

woman with pink cancer ribbon

healthcare, medicine and breast cancer concept – woman with pink cancer ribbon

Payudara terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) akan dikirim ke puting melalui saluran kecil saat menyusui.

Sel-sel dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru hanya terbentuk saat dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh pengidap kanker akan berbeda.

Kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, menurut data di organisasi kesehatan dunia (WHO). Dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Tau gak ladies, kanker payudara tidak hanya menyerang kaum wanita tapi juga pria walaupun jarang.

Nah, ada beberapa tips nih cara mendeteksi kanker payudara, diantaranya:

  1. Benjolan

Penelitian menyebutkan bahwa salah satu gejala kanker yang sering terlihat adalah adanya benjolan pada tubuh. Ketika Anda ingin mengetahui payudara Anda bebas dari kanker atau tidak, cobalah untuk meraba payudara Anda.

Ketika Anda merasakan ada benjolan ataupun hal yang aneh dengan payudara Anda, usahakan untuk segera periksakan diri ke dokter dan cari tahu apa yang terjadi pada payudara Anda.

  1. Nyeri Hebat

Inilah salah satu gejala yang paling sering dirasakan para penderita kanker payudara sebelum ia benar-benar didiagnosa mengidap kanker. Kanker payudara biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri hebat di sekitar payudara, di lengan bagian atas dan juga di punggung. Biasany sih ladies, nyeri payudara bisa dirasakan ketika haid. Namun, ladies gak boleh meremehkan hal ini. Pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan jika merasa nyeri hebat pada salah satu bagian tubuh khususnya bagian payudara. Mendeteksi nyeri karena kanker payudara bisa dilakukan dan diketahui saat tubuh terlalu lelah karena pekerjaan yang menumpuk ataupun karena perasaan stress.

  1. Warna Payudara

Payudara yang sehat akan memiliki warna yang sama dengan warna kulit dan ketika seseorang berisiko kanker payudara, warna payudara akan lebih berbeda. Tidak jarang payudara memiliki warna yang sedikit gelap di daerah sekitar puting. Bukan hanya itu saja ladies, tekstur kulit payudara juga akan memerah bahkan meruam terlihat seperti kulit buah jeruk.
Untuk mendeteksinya, ladies bisa mengamati warna kulit payudara. Jika tidak bisa melakukan secara langsung, cobalah berdiri di depan kaca dan lihat warna payudara, lihat juga bagaimana keadaan puting. Puting yang menjorok ke dalam juga bisa menjadi tanda bahwa ladies berisiko terkena kanker payudara.

  1. Cari tahu riwayat kesehatan keluarga

Ini gak kalah pentingnya ladies supaya ladies bisa mengantisipasi hal-hal yang bakalan terjadi pada ladies maupun keluarga. Ketika memiliki keluarga yang mengidap kanker payudara terlebih orang itu adalah ibu, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan pada tubuh ladies yaa..

Ladies, itulah cara mendeteksi keberadaan kanker payudara. Usahakan memeriksakan diri ke dokter sejak dini agar kanker yang kemungkinan ada di dalam tubuh bisa segera diatasi serta disembuhkan. Penting menjaga pola makan dan makanan yang sehat serta olahraga yang cukup. Perlu juga kita sebagai perempuan lebih bijak mempersiapkan jaminan dan perlindungan kesehatan untuk kita kelak, (coba klik di sini ladies..)

Semangat sehat ladies,, ^o^

 

 

Tinggalkan komentar