Limfoma non-Hodgkin

limfoma non

Limfoma non-Hodgkin adalah kanker dari kelenjar getah bening karena itu mudah menjalar ke tempat-tempat lain disebabkan kelenjar getah bening dihubungkan satu dengan yang lain oleh saluran-saluran getah bening. limfoma Non-Hodgkin (LNH) merupakan suatu keganasan pada sel limfosit T maupun sel limfosit B yang sudah matur di dalam kelenjar getah bening atau sistem getah bening secara keseluruhan. Bisa juga keganasan tersebut dialami oleh sel NK (Natural Killer). Akibatnya adalah terjadi proliferasi berlebihan dari sel limfosit tersebut sehingga membuat kelenjar limfe membesar atau limfadenopati.

Faktor resiko terjadinya LNH adalah ketika sistem kekebalan tubuh menurun akibat kondisi tertentu seperti setelah mengkonsumsi obat-obat imunosupresan atau pasca transplantasi organ, atau bisa juga ketika tubuh mengalami infeksi dari agen-agen infeksius tertentu, seperti virus HIV yang menyebabkan AIDS, kemudian Epstein Barr Virus (EBV), Helicobacter pylori, Hepatitis C dan sebagainya. Selain itu ditemukan juga bahwa orang-orang yang bekerja di perkebunan yang menggunakan bahan pestisida juga beresiko untuk LNH, dan juga bagi orang-orang obesitas dan perokok berat. LNH sering dialami orang-orang usia 60 tahun ke atas namun tidak mustahil juga terjadi pada orang-orang usia lebih muda, dan pria lebih banyak insidennya dari wanita.

Menurut golongan histologisnya, limfoma dibagi atas 3 kelompok besar yaitu :

  • LNH derajat keganasan rendah
  • LNH derajat keganasan menengah
  • LNH derajat keganasan tinggi

LNH derajat keganasan rendah tidak harus diobati sedangkan LNH derajat keganasan menengah dan tinggi harus segera diobati karena dapat menimbulkan kematian dalam beberapa bulan saja.

Gejala-gejala dari Non Hodgkin lymphoma.

Non hodgkin lymphoma dapat menyebabkan banyak gejala-gejala, seperti:

  1. Pembengkakan lymph nodes (tidak sakit) didalam leher, ketiak, atau selangkangan.
  2. Kehilangan berat yang tidak dapat dijelaskan.
  3. Demam (suhu2 tinggi yang tidak dijelaskan dimana sering terjadi juga).
  4. Perendaman keringat2 malam.
  5. Batuk, sesat nafas, atau sakit dada.
  6. Kelemasan dan kecapekan yang tidak dapat hilang.
  7. Sakit, Pembengkakan atau suatu perasaan kekenjangan dalam perut.
  8. Gatal yang luar biasa dari kulit seluruh tubuh. Infeksi atau masalah kesehatan lainnya mungkin juga menimbulkan gejala umum yang sama seperti non Hodgkin lymphoma. Setiap orang dengan gejala2 seperti ini tidak hilang dalam 2 minggu sebaiknya ke dokter agar permasalahannya bisa diperiksa dan ditangani.

Diagnosa

Bila anda ada pembengkakan lymph nodes atau gejala lain yang menunjukkan Limfoma non-Hodgkin, dokter anda akan membantu anda mencari apakah pembengkakan itu berasal  dari kanker atau sebab lainnya.

Berikut beberapa pemeriksaan yang dilakukan:

  1. Pemeriksaan physic: Dokter mengecek apakah ada pembengkakan lymph nodes dalam leher anda, ketiak, dan  Dokter anda juga memeriksa limpa dan hati untuk melihat apakah ada pembengkakan.
  2. Pemeriksaan darah: Laboratorium melakukan suatu perhitungan darah yang lengkap untuk memeriksa jumlah dari sel-sel darah. Laboratorium juga memeriksa keadaan lainnya seperti Lactate Dehydrogenase (LDH). Lymphoma mungkin menyebabkan suatu tingkat LDH yang tinggi.
  3. Sinar X dada: Anda mungkin harus di sinar X untuk memeriksa pembengkakan lymph nodes atau tanda2 lain dari penyakit dalam dada anda.
  4. Biopsi: Dokter mengambil jaringan untuk mencari sel sel lymphoma. Suatu biopsi adalah suatu cara yang pasti untuk mendiagnosa lymphoma. Dokter dapat mengambil satu kesatuan lymph node (biopsy bedah) atau hanya sebagian dari  lymph node (biopsi non bedah), Suatu diagnosa penyakit memeriksa jaringan atas sel sel lymphoma dengan sebuah mikroskop.

 

Sumber:
indonesian-herbal,blogspot.co.id/2009/10/penyakit-kanker-limfoma-non-hodgkin
elgwee,blogspot.co.id/2011/09/lymphoma
sandurezu,wordpress.com/2011/03/24/limfoma-non-hodgkin-lnh