Lymphoma

Ketika dalam tubuh anda ditemukan satu benjolan, meski tidak nyeri, tidak gatal, tetapi juga jangan diabaikan, karena ada kemungkinannya adalah Limfoma.Limfoma adalah semacam tumor ganas yang berasal dari kelenjar getah bening,merupakan salah satu dari sepuluh besar tumor ganas yang sering dikenal. Dalam 1 tahun terakhir ini,tingkat kejadiannya semakin meningkat.Berdasarkan laporan konferensi limfatik internasional, di seluruh dunia dalam setiap 9 menit dilaporkan 1 kasus baru penyakit limfoma. Mengetahui dengan cepat gejala tubuh yang muncul, dan mendiganosi dini terhadap limfoma sangat berpeluang dalam mengobati limfoma tahap awal, demi memperpanjang jangka kelangsungan hidup.

Kanker-Limfoma

Apa itu Kanker Limfoma?

Jenis tertentu sel darah putih, yang disebut limfosit, sangat penting untuk ketahanan tubuh Anda terhadap penyakit. Sel-sel darah putih limfosit dalam sistem limfatik akan membantu pembentukan antibodi tubuh untuk memerangi infeksi. Tetapi jika sel-sel limfosit B dalam sistem limfatik diserang kanker, sistem kekebalan tubuh penderita akan menurun sehingga rentan mengalami infeksi. Sel-sel ini terkena berbagai substansi bahkan tubuh dalam upaya untuk membangun kekebalan. Pada tempat-tempat tertentu sel-sel ini berkumpul untuk menyaring substansi-substansi yang disebut kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ditemukan di mana saja dalam tubuh, terutama di leher, ketiak, selangkangan, di atas jantung, di sekitar pembuluh darah besar dalam perut. Limfosit juga berkelompok bersama pada limpa, tonsil, dan timus. Limfoma adalah jenis kanker yang berkembang pada limfosit pada daerah tersebut.

Penyakit kanker limfoma ternyata dapat terbagi menjadi dua jenis, yakni kanker limfoma tipe Hodgkin (yang dinamakan sesuai dengan penemu pertamanya, Dr. Thomas Hodgkin) dan juga kanker limfoma tipe Non Hodgkin. Kedua jenis kanker limfoma tersebut memiliki pola perilaku, penyebaran serta respon terapi yang berbeda-beda.

Seberapa umum Kanker Limfoma?

Limfoma adalah kanker ke 8 paling umum yang terjadi pada pria dan kanker ke 9 paling umum yang terjadi pada wanita di Singapura sesuai dengan Pencatatan Kanker Singapura 2005-2009. Terdapat sekitar 368 kasus dilaporkan setiap tahunnya antara tahun 2005-2009. Ini adalah salah satu kanker paling umum yang terjadi pada anak-anak dan juga dewasa muda. Kanker ini mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita. Kebanyakan pasien dewasa mengidap limfoma setelah usia 50 tahun.